Skip to main content

Mau Bisnis Jilbab, Kerudung Sukses? Contoh Mudah Business Plan Jilbab, Kerudung.

Hasil gambar untuk business plan Mau bisnis jilbab, kerudung sukses? langkah pertama buat bisnis plan dulu, kenapa harus bisnis plan? karena dengan bisnis plan pembisnis akan dengan mudah mengontrol, mengawasi, dan mengevaluasi bisnisnya. Aku kemarin bilang kalo bakalan nulis secara Random apa aja yang bakalan masuk ke Blog aku, nah salah satunya bisnis plan ini, harap maklum ya kalian semua. Masih labil buat menentukan apa saja yang perlu masuk dalam mencapai target penulisan blog ini, maka dari itu aku bakalan survey dengan ngepost berbagai artikel. Pada intinya tetep labil sih ya, karna harus survey bukan keinginan diri sendiri... wkwkwkwk.


Ini adalah Business Plan yang aku buat buat tugas kuliah Kewirausahaan 1 & 2, Plan terossss yang akhirnya terbang bersama mimpi semalam. hainyah!!! Semoga business plan ini bermanfaat untuk yang butuh, semoga kalian ngam kayak aku yang cuman bikin business plan terus tanpa ada tindakan nyata. haha



BUSINESS PLAN JILBAB ARINI



BAB I
1. VISI
a. Menjadi perusahaan Fashion jilbab dengan harga terjangkau tanpa mengesampingkan kualitas, yang memiliki kredibilitas dari masa ke masa, selalu trendy dan menjadi role model jilbab di Indonesia.
b. Mampu menciptakan lapangan kerja baru

1. MISI
a. Menciptakan karya-karya jilbab yang kreatif dan inovatif agar bisa bersaing dengan industry jilbab nasional
b. Mengikuti ajang pameran dibidang fashion jilbab sebagai salah satu bagian dari eksistensi perusahaan
c. Mengembangkan usaha jilbab yang mampu menumbuhkan keingingan muslimah untuk menutup aurat dengan memakai jilbab



2. Produk Jilbab yang Akan di Jual
Produk Jilbab “Arini” yang akan dijual adalah:
No.
Nama Jenis Jilbab
Jumlah Warna
1
Jilbab segi empat
8 warna
2
Jilbab langsung/instan
8 Warna
3
Jilbab Pashmina
8 Warna

3. Tenaga Kerja berjumlah 3 (tiga) orang yang terdiri dari :
a. Tenaga Produksi 1 (satu) orang: Tenaga produksi bertugas mengukur/memotong bahan, menjahit, dan mengobras jilbab.
b. Tenaga Pengemasan produk jilbab 1 (satu) orang: Tenaga pengemasan produk jilbab bertugas mengemas produk dan proses pendistribusian ke kostumer
c. Tenaga Pemasaran dan Administrasi 1 (satu) orang: Tenaga pemasaran dan Administrasi dilakukan langsung oleh pemilik usaha, yang tugasnya memasarkan produk secara online dan door to door ke perusahaan-perusahaan, dan tugas administrasi yaitu mencatat pengeluaran dan pemasukan usaha serta mencatat pesanan.
4. Biaya
a. Peralatan
Nama Alat
Jumlah
Harga Satuan
Total
Mesin Jahit Merk Typical GC 6-28-1
1 pcs
Rp4.000.000
Rp4.000.000
Mesin Obras Merk Typical 6151
1 pcs
Rp1.000.000
Rp1.000.000
Gunting Kain merk Singer 8"
2 pcs
Rp200.000
Rp400.000
Gunting serbaguna
4 pcs
Rp25.000
Rp100.000
Meja Ukur Kain
1 pcs
Rp1.500.000
Rp1.500.000
Kursi Jahit dan obras
2 pcs
Rp500.000
Rp1.000.000
Alat ukur/Meteran kain dan jarum
2 set
Rp25.000
Rp50.000
Laptop merk Asus
1 pcs
Rp5.000.000
Rp5.000.000
Printer merk Hp Deskjet 1112
1 pcs
Rp500.000
Rp500.000
Meja untuk packing
1 pcs
Rp1.000.000
Rp1.000.000
Meja kerja
1 pcs
Rp750.000
Rp750.000
Kursi kerja
2 pcs
Rp375.000
Rp750.000
Total
Rp16.050.000




b. Bahan Baku
Nama Item
Jumlah
Harga Satuan
Total
Kain Voile
8 Gulung (8 )Warna @50m
Rp500.000
Rp4.000.000
Benang
8 set @10 pcs
Rp25.000
Rp200.000
Plastik pengemasan
2 pak @100
Rp50.000
Rp100.000
Plastik belanja
2 pak @100
Rp50.000
Rp100.000
Total
Rp4.400.000


Modal Sendiri
Rp 13.000.000
Hutang Bank
Rp 10.000.000
Jumlah Modal
Rp 23.000.000

5. Target Laba
Biaya produksi Perunit
Nama Jenis Jilbab
Pergulung 50 meter x 8 warna
Jumlah
Jilbab segi empat
15 pcs x 8 warna
120
Jilbab langsung/instan
5 pcs x 8 warna
40
Jilbab Pashmina
10 pcs x 8 warna
80
Total
220
Total biaya produksi per unit adalah Rp4.400.000 / 220 pcs = Rp 20.000

Rencana Produksi
Jenis Jilbab
Harian
Mingguan
Bulanan
Jilbab Segi Empat
6
42
168
Jilbab Langsung/Instan
2
14
56
Jilbab Pashmina
4
28
112





Biaya produksi perbulan adalah
Jenis Jilbab
Jumlah Jilbab
Biaya Produksi PerUnit
Total
Jilbab Segi empat
168
Rp20.000
Rp3.360.000
Jilbab Langsung/instan
56
Rp20.000
Rp1.120.000
Jilbab Pashmina
112
Rp20.000
Rp2.240.000
Jumlah
Rp6.720.000

Analisis Penjulan Perbulan
Jenis Jilbab
Jumlah Jilbab
Harga per pcs
Total
Jilbab Segi empat
168
Rp35.000
Rp5.880.000
Jilbab Langsung/instan
56
Rp40.000
Rp2.240.000
Jilbab Pashmina
112
Rp50.000
Rp5.600.000
Jumlah
Rp13.720.000

Analisa pendapatan perbulan
Penjulan Perbulan
Rp13.720.000
Biaya Produksi perbulan
(Rp6.720.000)
Biaya Tenaga Kerja 3 0rang @Rp 1.250.000
(Rp3.750.000)

6. Manajemen Usaha
Usaha Jilbab ARINI adalah salah satu usaha home yang berjenis home industri. Pemilik memilih usaha hijab karena jilbab merupakan sebuah kebutuhan pokok bagi wanita muslim, sehingga hal ini membuka peluang usaha untuk membuat jilbab dengan bahan voile, karena bahan voile yang tidak mudah kusut. Wilayah kota Yogyakarta yang saat ini semakin padat penduduk, ditambah dengan banyaknya Universitas terkenal di Yogyakarta semakin membuka peluang bagi usaha jilbab di Yogyakarta. Semakin berkembangnya era globalisasi yang menyebabkan setiap orang mengakses internet, hal ini juga menjadi peluang usaha bagi pemilik usaha untuk menawarkan produknya melalui online shop.
a) Lokasi Usaha : Paten Tridadi Sleman Yogyakarta, Karena masih bersifat Home industri maka jilbab Arini ini dikerjakan di sebuah rumah tinggal.
b) Waktu Pengerjaan Usaha: Pembuatan jilbab Arini dilakukan setiap senin sampai dengan sabtu, Minggu dan tanggal merah libur.
c) Tenaga Kerja: Jilbab Arini dikerjakan oleh owner sendiri sebagai tenaga pemasaran, Satu orang khusus tenaga produksi (menjahit), dan satu orang tenaga pengemasan dan membantu bagian operasional.
d) Tahap pembuatan: Arini jilbab dibuat dari bahan Voile dengan 8 warna berbeda, setelah bahan dengan 8 warna terkumpul maka tahap-tahap selanjutnya adalah:
i) Pemotongan bahan, pemotongan bahan dilakukan dengan menggunakan gunting dan digunting sesuai model yang akan dijahit (ada 3 model jilbab)
ii) Setelah di potong kemudian kain dijahit sesuai model yang akan di produksi.
iii) Tahap selanjutnya yaitu diobras untuk merapikan pinggiran jilbab agar lebih rapi dan menarik.
iv) Selanjutnya pengemasan, yaitu dengan memasukkan jilbab kedalam plastik pengemasan.
v) Setelah pengemasan jilbab dipisahkan sesuai dengan model dan warna agar mudah dalam proses pencarian dan pengepakan saat akan dikirim.

7. Strategi Pemasaran (Marketing Mix)
a. Produk (product)
         Produk "Arini" adalah produk jilbab yang terbuat dari bahan voile, bahan voile adalah bahan yang tidak mudah kusut, sehingga apabila pemakai produk Arini terburu-buru tidak sempat menyetrika hijab maka tidak akan terlihat kusut. Desain produk Arini juga beragam, terdiri dari jilbab langsung pakai/instan, jilbab segi empat, dan jilbab model pashmina.
b. Harga (price)
             Harga produk "Arini" sangat terjangkau untuk bahan jenis voile, dari mulai harga:
1) Jilbab model segi empat harga: Rp35.000,-
2) Jilbab model langsung pakai/instan harga: Rp40.000,-
3) Jilbab model pashmina harga: Rp50.000,-
c. Tempat (place)
     Tempat produksi jilbab Arini berada di Dusun Paten 05/05 Tridadi Sleman, lokasi pengelolaan jilbab Arini berada dibtempat strategis yang terletak di pusat kota Sleman, sehingga memudahlan dalam pendistribusian produk, dan lebih cepat dalam mendapatkan bahan logistik untuk pembuatan produk.
d. Promosi (promotion)
            Promosi yang dilakukan untuk menjual produk jilbab Arini yaitu dengan dua cara, yaitu:
1) Pemasaran secara on line: Pemasaran secara on line dilakukan dengan cara melakukan pengiklanan dengan di on line shop yaitu shoope, buka lapak, tokopedia dan instagram.
2) Pemasaran secara door to door: Pemasaran secara door to door dilakukan dengan memasarkan produk jilbab Arini ke Perusahaan atau kantor, agar mereka mau memakai produk Arini untuk dijadikan seragam.

8. Break Even Point
Fixed Cost
Rp 16.050.000,00
Variabel Cost
Rp 4.400.000/220 = Rp20.000,00
Harga jual
(Rp35.000 + Rp40.000 + Rp50.000) / 3
= Rp 41.700,00
BEP : 16.050.000 / (41.700 - 20.000) = 740 unit
Jadi perusahaan harus menjual jilbab Arini sebanyak 740 agar terjadi break even point. Pada penjualan ke 741 maka perusahaan mulai memperoleh keuntungan.


BAB II


KESIMPULAN

Jilbab merupakan kebutuhan pokok bagi wanita muslimah, produk Arini bertujuan untuk membantu kaum wanita yang berhijab untuk mengeksplorisasi kreativitas fashion mereka, sehingga dapat menarik minat wanita muslim yang belum memakai jilbab.
Business Plan  Jilbab Arini diharapkan mampu menghasilkan usaha home industri yang berguna bagi masyarakat Yogkarta dan sekitarnya, dengan adanya bussines plan ini mampu menjadikan pedoman bagi pemilik usaha untuk menjalankan usahanya sehingga mendapatkan laba sesuai dengan yang direncanakan. Businnes plan Arini jilbab ini meliputi jenis lokasi usaha, merk, jenis produk, harga produk, strategi pemasan, dan laba yang direncanakan.


Comments

Popular posts from this blog

Sinopsis Nice Guy Episode 1 - 20 (Final)

Wow mungkin terlambat sekali untuk mem posting sinopsis Nice Guy... tapi baiklah no problem menurutku, toh Drama ini bener-bener DAEBAK... Drama yang liris di tahun 2012.. walaupun awalnya sangat tidak suka dengan  pemeran utama wanita disini .... ngeselin deh. tapi tetep alur dari drama ini bener-bener membuat luluh hatiku (lebai).... Nice Guy 1-20 (Final) Details :     Judul: 차칸남자 / Chakhan Namja     Nama lain: Nice Guy     Genre: Melodrama     Jumlah Episodes: 20 Episode     jaringan TV: KBS2     Masa Tayang: 2012-Sept [menggantikan Bridal mask]     Waktu Tayang: Wednesday & Thursday 21:55 Production Credits     Director: Kim Jin Won (김진원)     Writer: Lee Kyung Hee Sinopsis Ringkas : Nice Guy bercerita tentang Kang MaRu  yang diperankan oleh Song Joong Ki, yang merasa  sakit hati karena dikhianati Han Jae Hee, wanita yang dia cintai (Park ShiYoen). Konflik terjadi saat MaRu memilih untuk membalas dendam menggunakan seorang gadis yang ke

Sinopsis A gentleman's Dignity episode 1-20 (end)

DETAIL: TV Show: Gentleman’s Dignity (literal title) Revised romanization: Shinsaui Poomgyuk Hangul: 신사의 품격 Director: Shin Woo-Cheol , Kwon Hyuk-Chan Writer: Kim Eun-Suk Network: SBS Episodes: 20 Release Date: May 26, 2012 Runtime: Saturdays & Sundays 22:00 Language: Korean Country: South Korea CAST: Jang Dong-Gun as Kim Do-Jin Kim Ha-Neul as Seo Yi-Soo Kim Su-Ro as Im Tae-San Kim Min-Jong as Choi Yoon Lee Jong-Hyuk as Lee Jung-Rok Yoon Se-Ah as Hong Se-Ra Kim Jeong-Nan as Park Min-Sook Yoon Jin-Yi as Im Meahri Lee Jong-Hyun (CN Blue) as Colin Credit: AsianWiki   Ini cerita mengenai kehidupan pria paruh baya dengan segala permasalahannya. Kim Dong Jin, Choi Yoon, Im Tae san dan Lee Jeong Rook empat pria berusia awal 40an yang sukses dalam karir namun mengalami berbagai macam permasalahan dengan wanita. Kim Do Jin  Seorang arsitek, tampan, sukses dan kaya. Seorang playboy sejati yang tidak ingin terikat komitmen